Selasa, 06 Desember 2011

RUMUS-RUMUS FORMULA DALAM MICROSOFT EXCEL

Jenis Data
1.      Data numeric : data yang dapat dihitung
2.      Data text : data yang tidak dapat dihitung, gunakan tanda petik tunggal (‘)

Format Tampilan Data
1.      Sorot/Blok sel yang akan di format
2.      Klik menu Format dan klik cells (Ctrl +1), bisa juga menggunakan mouse
3.      Klik salah satu : Number, Aligment, Font, Border, Pattern, dan Protection

Number :
Digunakan untuk memformat nilai numerik, yang terdiri atas beberapa angka yang mewakili angka, nilai satuan mata uang, tanggal, waktu, persentase dan sebagainya.
Alegment :
Digunakan untuk mengatur suatu sel atau range dengan posisi rata kiri, rata kanan, dan rata tengah. Juga mengatur derajat kemiringan data.
Font :
Untuk memilih jenis, ukuran,tampilan warna, dan efek khusus huruf.
Border :
Untuk membuat bingkai atau menambah garis pembatas pada suatu sel atau range.
Patterns :
Untuk memberi warna dan corak latar belakang sel atau range.

Mengubah Nama Sheet
1.      Klik sheet yang akan diubah namanya, klik menu Format pilih sheet
2.      Klik Rename, klik nama baru, enter

Menambah Sheet Baru
1.      Klik kanan (mouse) pada sheet
2.      Klik Insert, pilih Workshet, Klik OK
3.      Untuk memindahkan sheet, klik (tahan) tarik sheet ptempat yang diinginkan

Membuat Grafik
1.      Blok data yang akan dibuat menjadi grafik
2.      Klik insert,Klik chart
3.      Pilih type chart yang diinginkan, lalu next
4.      Pilih datanya yang dibaca Rows atau Colums pada series in untuk menentukan pembacaan data kolom atau baris, lalu klik next
5.      Lalu pilih Title untuk buat judul grafik,
a.       Axes : sumbu X dan Y
b.      Gridlines : untuk garis-garis didalam grafik
c.       Legend : untuk keterangan nama grafik
d.      Data labes : untuk menampilkan nilai pada gambar grafik
e.       Data table : menampilkan data grafik
6.      Bila telah benar klik Next
7.      Tentukan letak grafik As new sheet (lembar kerja baru) atau As object in (lembar kerja yang aktif), setelah selesai klik Finish.

Membuat Catatan & Menggunakan Filter
a.       Letakkan kusor pada sel yang diinginkan Klik kanan pada mouse Insert Comment
b.      Letakkan kusor pada sel yang akan dikoreksi, pada menu Data klik Filter, klik AutoFilter = Untuk memparmudah koreksi
Ekspresi Atau Pernyataan Logika
=
<=
>=
<> 
Sama dengan
Lebih kecil
Lebih besar
Lebih kecil Sama dengan
Lebih besar Sama dengan
Tidak sama dengan
A1=B1
A1<B1
A1>B1
A1<=B1
A1>=B1
A1<>B1
+
-
*
/
%
^
&
: atau ;
, (dan)
“ (maka)
Penjumlahan
Pengurangan
Perkalian
Pembagian
Persen
Pangkat
Dan
Sebagai batas range
Penggabung renge
Pernyataan
1+2
2-1
2*2
2/2
20%
2^2
“Na” & “ma”
A1: E9
Sum(A1:A7,C1:C7
(3)
(1)
(4)
(1)
(0,2)
(4)
(Nama)

Menggunakan Fungsi Matematika Dan Statistika
Sum
Max
Min
Average
Sumif
Counta
Countif
Penjumlahan
Nilai tertinggi
Nilai terendah
Rata-rata
Penjumlahan yang memiliki kreteria tertentu
Menghitung sel yang terisi data
Menghitung sel yang terisi data dengan kreteria tertentu

Operator Logika
AND (dan)
OR (atau)
=And(B5>1000,C5>15%)
=Or(B5>1000,C5>15%)

Fungsi Logika If
IF (Jika)
=IF(B6="M","Menikah",IF(B6="B","Belum"))

Fungsi If Dengan Dua Ekspresi
If(Or(
IF(AND(
=IF(OR(E6="PIMPINAN",E6="MANAGER"),7%*F6,0)
=IF(AND(E6="STAFF",D6="nikah"),5%*F6,0)

Fungsi Teks/Strings
Left (kiri)
Right (Kanan)
Mid (tengah)
=Left(B2,2)
=Right(B2,2)
=Mid(B2,2)

Fungsi Vlookup & Hlookup
Vlookup
Hlookup
F4
Untuk data ke atas
Untuk data mendatar
Untuk mengunci data

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar